Bagaimana Cara Menghadapi Fitnah Menurut Islam

Bagaimana Cara Menghadapi Fitnah Menurut Islam – Dalam kehidupan sehari hari terutama di lingkungan masyarakat, tak sedikit orang yang selalu membicarakan keburukan orang lain. Padahal telah jelas dalam ajaran islam perilaku seperti itu tak dianjurkan

Bagaimana Cara Menghadapi Fitnah Menurut Islam

 

Cara Menghadapi Fitnah

Melihat keadaan seperti itu, tak semua orang menanggapinya dengan sakit hati atau bahkan dengan balas dendam. Karena membalas keburukan orang lain dengan keburukan juga, sama artinya anda melakukan perihal yang sama buruknya dengan mereka.

Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir.” (QS. Al Baqarah : 193)

Pada artikel kali ini akan membahas beberapa tentang cara menghadapi fitnah menurut islam. Berikut ulasanya :

Serahkan Semuanya Kepada Allah SWT

Berperilaku pasrah serta menyerahkan segala masalah yang sedang menimpa anda pada Allah Swt menjadi salah satu solusi yang tepat. Karena Allah Maha Mendengar serta Maha Melihat, pasti balasan untuk mereka yang sedang memfitnah anda akan segera terjadi.

Mendoakan Orang yang Berperilaku Buruk Tersebut

Allah Maha Mengetahui serta yang dapat membolak balikkan hati manusia. Berdoalah supaya hati orang yang berperilaku buruk tersebut dapat dilembutkan oleh Allah Swt. Kemudian dapat segera sadar bahwa perilakunya tersebut merupakan perilaku tercela.

Dan orang-orang yang datang setelah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdo’a: ‘Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr : 10)

Berbuat Baik Kepada Orang yang Menfitnah Kita

Dengan berbuat baik pada orang yang selalu menyakiti kita, Insya Allah seiring berjalannya waktu mereka akan segera sadar pada semua perilaku buruk yang sudah diperbuatnya itu. Yakinlah bahwa setiap tindakan baik yang anda lakukan akan berbuah baik juga. Cuma menunggu waktu yang menjawab. Karena Allah akan senantiasa melindungi hamba Nya yang selalu berbuat terpuji dalam kehidupannya.

Introspeksi dan Evaluasi Terhadap Diri Sendiri

Perihal ini perlu anda lakukan dalam upaya menghadapi fitnah yang sedang menimpa diri anda. Untuk mendapatkan solusi, anda dapat introspeksi serta evaluasi kebiasaan anda sehari hari. Apakah anda sering menyakiti hati orang lain atau bahkan juga melakukan fitnah. Bila memang benar, mungkin itu balasan dari Allah Swt. Jadi anda wajib memperbaiki diri.

Ridho dan Ikhlas Menerima Kedzaliman

Disamping sabar, anda juga wajib ridho serta ikhlas pada musibah atau kedzaliman yang sedang menimpa anda tersebut. Yakinlah bahwa Allah akan bersama dengan orang yang benar. Anggap saja musibah tersebut sebagian dari ujian buat menjadi manusia yang lebih baik.

Tetap Menjaga Kesatuan Sebagai Umat Muslim Meskipun Sedang Mendapati Fitnah

Sebagai umat muslim sudah selayaknya saling menjaga kesatuannya. Jangan terperdaya oleh fitnah yang pada akhirnya akan menimbulkan perpecahan antara sesama umat muslim.

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. 3 : 103)

Menghadapi Dengan Hati Hati serta Tidak Gegabah

Sikap kehati hatian memang sangat dibutuhkan dalam hal menghadapi fitnah. Bila anda beperilaku gegabah tanpa berpikir panjang dapat saja anda terjebak dalam fitnah tersebut serta membuat keadaan semakin memburuk.

Sesungguhnya kelemah lembutan (keramah tamahan) tidaklah ada di dalam sebuah perkara kecuali menghiasinya dan tidak dicabut (kelemah lembutan) dari sesuatu kecuali memburukkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sesungguhnya di dalam dirimu ada dua sifat yang dicintai oleh Allah, yaitu; kesabaran dan pelan-pelan (tidak gegabah).” (HR. Muslim)

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!