Hukum Makan Daging Babi Karna Tidak Sengaja

Hukum Makan Daging Babi Karna Tidak Sengaja – Didalam Islam ada makanan ataupun minuman yang haram, artinya apabila sudah tahu hukumnya serta nekat untuk mengkonsumsi maka bisa mendapatkan dosa. Lalu bagaimana bila belum tahu hukumnya dan terlanjur mengkonsumsi?

Hukum Makan Daging Babi Karna Tidak Sengaja

Hukum Makan Daging Babi

sebagian didaerah banyak sekali warung makan yang menjual makanan seperti daging babi atau daging anjing yang mungkin orang lain tidak tahu ternyata makanan yang dikonsumsinya adalah makanan haram. Apa yang harus dilakukan?apakah harus bertaubat?

Allah Ta’ala berfirman:
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Orang-orang beriman berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah” (QS. Al Baqarah: 286).

Berdasarkan ayat tersebut, maka perbuatan yang hukumnya haram ketika dilakukan murni tak tahu, tidak sengaja atau lupa tak dihitung sebagai dosa. Maka sangat penting dan berhati hati ketika ingin melakukan suatu hal supaya tidak terjerumus kedalam dosa.

Lantas apa hukumannya bagi orang yang terlanjur mengkonsumsi daging yang haram?
Menurut syaikh abdul aziz bin baz: ““Tidak ada kewajiban apa apa baginya, selama ia memakannya karena tidak tahu sedikit pun. Yang perlu ia lakukan adalah berkumur kumur dan mencuci mulutnya dari sisa sisa najis (daging babi) dan mencuci tangannya”. Tetapi bila memakannya pada waktu yang sudah berlalu dan ia ketika itu tidak berkumur kumur, apa yang perlu dilakukan? Jawabnya: tidak perlu melakukan apa apa”

Jadi sudah jelas bila memakan daging yang haram karena tidak tahu maka tidak dituntut untuk bertaubat atas ketidaktahuan tersebut. Saat ini yang terpenting adalah memeperhatikan apa yang kita konsumsi, sebaiknya mendatangi warung makan yang sudah jelas jelas menjual makanan atau daging yang halal.

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!