Daun Jambu Biji Sebagai Obat Diare

Daun Jambu Biji Sebagai Obat DiareObat tradisional merupakan salah satu alternatif pengobatan diare yang tak menimbulkan efek samping seperti obat dari bahan kimia. Daun jambu biji ialah obat tradisional yang bisa dengan mudah diperoleh sebagai obat diare.

Daun Jambu Biji Sebagai Obat Diare

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sudah terbukti efektif sebagai obat diare, zat yang terkandung di dalamnya adalah zat tannin yang berfungsi sebagai anti diare. Senyawa yang identik pahit ini nyatanya dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Penyebab diare ialah bakteri, bakteri ini biasanya terdapat pada makanan basi, makanan yang tak diolah dengan baik serta benar, maupun karena kebersihan makanan bisa memicu adanya bakteri terhadap makanan tersebut serta bisa memicu diare. Disamping itu, bahan bahan makanan yang dapat memicu diare contohnya makanan pedas dan keracunan makanan karena bakteri atau kebersihan makanan yang dikonsumsi, pun dengan minuman dengan kriteria seperti makanan yang sudah disebutkan dapat menyebabkan diare.

Rebusan dari daun yang satu ini efektif menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli serta Staphylococcus. Kebanyakan penyakit diare dikarenakan oleh bakteri tersebut, maka rebusan daun jambu biji juga bisa dipakai sebagai obat diare. Pemanfaatan daun jambu biji sebagai obat diare juga tak terlalu susah. Pemanfaatannya bisa dibagi menjadi tiga cara, dan kita dapat memilih cara mana yang paling mudah untuk dilakukan.

Dalam mengolah daun ini menjadi obat diare, bisa dicampur dengan tepung beras. Adapun cara mengolah bahan tersebut sehingga bisa dikonsumsi sebagai obat diare adalah menggoreng daun jambu biji serta tepung beras secukupnya sampai berwarna kuning, setelah kuning , bahan tersebut direbus dengan air sampai mendidih, sehabis dingin, air rebusan disaring serta diminum 2-3 kali dalam sehari.

Disamping itu, pengolahan daun ini juga dapat dilakukan dengan cara sederhana dan bahan tambahan sedikit, cukup dengan menumbuk daun jambu biji sampai halus kemudian ditambahkan garam secukupnya serta air panas lalu diaduk sampai rata. Setelah dingin, campuran tersebut diperas dan disaring, air saringannya diminum. Apabila penderita masih diare setelah meminum obat ini, maka konsumsi obat ini dapat diulang 2-3 kali sehari.

Adapun cara menyajikan daun ini sebagai obat diare juga bisa dilakukan dengan menyeduh air rebusan daun jambu biji dengan teh serta diminum selagi hangat. Air rebusan daun ini yang diseduh dengan teh ini diminum 2-3 kali sehari sampai sembuh.

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!