Tujuh Sejarah Pusaka kerajaan Majapahit

Tujuh Sejarah Pusaka kerajaan Majapahit – Keris ialah warisan budaya asli Indonesia. meskipun nenek moyang bangsa Indonesia umumnya beragama Hindu serta Budha, tak pernah ditemukan bukti jikalau budaya keris berasal dari India atau negara lain. makanya kita bangga karena tak ada yang menyamai senjata keris warisan asli budaya indonesia

Tujuh Sejarah Pusaka kerajaan Majapahit

Pusaka kerajaan Majapahit

 

1. keris empu gandring

senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari di daerah Malang, Jawa Timur sekarang. Keris ini populer karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya, Ken Arok Keris Mpu Gandring ini menurut sebagian sumber spritual sebenarnya taak hilang. Dalam arti hilang musnah dan benar benar tidak ketahuan keberadaannya.

Pada bagian ini tak hendak membahas masalah itu. Pada bagian ini hendak mengajak para pembaca untuk sejenak menganalisa “keampuahan” atau “tuah” dari keris itu maupun pembuatnya (Mpu Gandring). Di akhir hayatnya di ujung keris buatannya sendiri, Mpu Gandring mengutuk Ken Arok, bahwa keris itu akan menelan korban tujuh turunan dari Ken Arok. Sekarang marilah kita hitung. Dalam sejarah ataupun legenda yang kita ketahui, ternyata hanya ada 7 (tujuh) orang yang terbunuh oleh Keris Mpu Gandring, dimana keturunan Ken Arok yang terbunuh hanyalah Tohjaya:

2. keris Setan Kober

merupakan keris dari aryo penangsang dimana keris ini lah yang yang membunuh sang pemilik aryo penangsang karena pada saat itu tombak Kyai Pleret yang dipakai Sutawijaya mengenai lambung Arya Penangsang, hingga ususnya terburai kemudian Arya Penangsang dengan sigap, menyangkutkan buraian ususnya itu pada wrangka atau sarung hulu keris yang terselip di pinggangnya, dan terus bertempur.

Saat berikutnya , Sutawijaya terdesak hebat serta kesempatan itu dipakai oleh Arya Penangsang untuk segera penuntaskan perang tanding tersebut, dengan mencabut keris dari dalam wrangka atau ngliga keris (menghunus), dan tanpa sadar jikalau wilah(an) atau mata keris Kyai Setan Kober langsung memotong ususnya yang disangkutkan di bagian wrangkanya. Ia tewas seketika. keris ini dibuat jaman mataram kuno

3. Keris Kyai Sengkelat Sengkelat

memang berbentuk sangat sederhana, dia sangat polos , tidak banyak ornamen, ibarat naga dia bagaikan seekor naga yang hitam legam tanpa mahkota. Namun dibalik kesederhanaanya itulah, Sengkelat ialah keris yang pilih tanding. keris ini dibuat jaman majapahit

4. Keris Nogo Sosro Sabuk Inten

Keris Pusaka Nagasasra serta Sabuk Inten ialah dua benda pusaka peninggalan Raja Majapahit. Nagasasra ialah nama salah satu dapur (bentuk) keris luk tiga belas dan ada pula yang luk-nya berjumlah sembilan dan sebelas, sehingga penyebutan nama dapur ini harus disertai dengan menyatakan jumlah luk-nya.

5. Keris Condong Campur

salah satu keris pusaka milik Kerajaan Majapahit yang banyak disebut dalam legenda dan folklor. Keris ini dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur Konon keris pusaka ini dibuat beramai-ramai oleh seratus orang mpu. Bahan kerisnya diambil dari berbagai tempat. Dan akhirnya keris ini menjadi keris pusaka yang sangat ampuh tetapi memiliki watak yang jahat.

Dalam dunia keris muncul mitos dan legenda yang mengatakan adanya pertengkaran antara beberapa keris. Keris Sabuk Inten yang merasa terancam dengan adanya keris Condong Campur akhirnya memerangi Condong Campur. Dalam pertikaian tersebut, Sabuk Inten kalah. Sedangkan keris Sengkelat yang juga merasa sangat tertekan oleh kondisi ini akhirnya memerangi Condong Campur hingga akhirnya Condong Campur kalah dan melesat ke angkasa menjadi Lintang Kemukus(komet atau bintang berekor), dan mengancam akan kembali ke bumi setiap 500 tahun untuk membuat huru hara, yang dalam bahasa Jawa disebut ontran-ontran.

6. Keris Taming Sari

Keris Taming Sari adalah keris yang dipunyai oleh Taming Sari Di ceritakan pemilik asal keris ini adalah merupakan pendekar atau hulubalang kerajaan mahajapahit yang bernama Taming Sari. Keris ini kemudianya bertukar tangan kepada hulubalang melaka yang telah berjaya membunuh taming sari bernama Hang Tuah.

7. Keris Carubuk
Mengenai Keris Carubuk ada sebuah buatan Empu Supo yang diimiliki oleh Kanjeng Sunan Kalijaga yang mempunyai 7 luk.

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!