Amalan Rezeki Pagi Hari Agar Lancar Rezeki

Amalan Rezeki Pagi Hari Agar Lancar Rezeki – Pagi merupakan waktu untuk mengawali hari. Ada yang memulainya dengan olahraga, mandi lalu menyantap makanan bergizi, mempersiapkan diri bekerja menjemput rezeki, serta ada pula yang menghabiskannya dengan menonton tayangan televisi.

Amalan Rezeki Pagi Hari Agar Lancar Rezeki

Amalan Rezeki Pagi

Apapun yang dilakukan pada pagi hari, biasanya berpengaruh pada keaadan serta situasi diri. Termasuk, bisa mempengaruhi sedikit banyaknya rezeki yang akan datang menghampiri. Banyak amalan pagi yang sebenarnya dapat membuat seharian banjir rezeki.
Sayangnya, pagi sering terlewat begitu saja tanpa amalan amalan ini. Biasanya ini terjadi karena orang sibuk dengan pekerjaan duniawi. Padahal, tanpa kita sadari amalan ini justru membuat derasnya aliran rezeki. Apa saja amalan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Bertaubat

Mungkin ini menjadi salah satu amalan yang dianggap aneh bagi sebagian orang. Bagaimana mungkin bertaubat bisa membuat rezeki lancar? Nyatanya perihal itu mungkin saja, pasalnya orang yang jauh dari rezeki dikarenakan oleh dosa yang dilakukannya. Nabi Muhammad SAW dalam hadist riwayat Ahmad yang artinya:

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seseorang terjauh dari rezeki disebabkan oleh perbuatan dosanya.” (HR Ahmad).

Bila dosa menjadi penghambat, maka taubat menjadi cara untuk memperlancar. Maka jangan lewatkan pagi tanpa membaca istigfar kepada Allah SWT. Bisa dilakukan setelah shalat Subuh, atau sepanjang anda melakukan aktivitas pada pagi hari.

“Barang siapa yang memperbanyak dari istighfar, Allah menjadikan dari tiap-tiap kesusahan ada kelonggaran/kemudahan, dan dari tiap-tiap kesempitan ada jalan keluar, dan memberikan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka”. ( HR Ahmad )

2. Sedekah

Amalan pagi untuk memperlancar rezeki juga dapat dilakukan dengan cara bersedekah. Banyak kesempatan kita untuk memberi saat pagi hari. Bisa jadi, kita bertemu dengan pengamen yang tiba tiba bernyanyi di tengah lampu merah, anak kecil yang tiba tiba datang mengelap kaca mobil, atau pengemis yang paginya telah berada di pinggiran jalan serta mengharapkan belas kasihan.

Jangan langsung resah karena kehadiran mereka. Karena mungkin saja, Allah SWT mengirimkan mereka yang berkekurangan untuk mengajarkan kita bagaimana cara berbagi. Serta bukan tanpa balasan, Allah telah menjanjikan mengganti apa yang kita beri.

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. QS: Saba [34] : 39

3. Mengawali Aktivitas dengan Salat Dhuha

Amalan pagi supaya kebanjiran rezeki seharian ialah menjalankan shalat Duha. Susah? Memang, terlebih bila dalam kondisi bekerja yang tak dapat ditinggalkan. tetapi, shalat duha tak membutuhkan waktu hingga berjam jam. Tetapi cuma perlu 5-10 menit sehari saat pagi menjelang matahari meninggi.

Bagi orang yang mencari pekerjaan, luangkanlah waktu anda untuk mengawali aktivitas anda dengan shalat dhuha sebelum berangkat mencari pekerjaan, serta agendakan diri anda untuk senantiasa melakukan shalat dhuha setipa pagi, karena itu merupakan aplikasi rasa syukur kita kepada Allah.

Dan bagi orang yang telah bekerja serta menuntut anda untuk berada di tempat kerja sebelum waktu dhuha, hendaklah anda anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukan shalat dhuha. Karena Allah sudah menjanjikan anda dengan rizki yang selalu cukup dan berkah untuk anda.

Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai ‎anak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu.” (HR. Ahmad 17390, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 666 dan Syuaib al-Arnauth).‎ Niatkanlah dalam diri jika salat ini dilakukan hanya untuk mendapatkan keridhaan Allah.

4. Bersyukur

Bersyukur ialah cara menambahkan lebih. Dengan bersyukur maka orang akan selalu merasa cukup. Lihatlah bagaimana bahagianya mereka yang cuma berpenghasilan Rp.20 ribu sehari karena terus bersyukur. Atau orang yang sibuk kesana sini dengan uang segoni tapi tak pernah merasa lebih.

Artinya : sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikamt tersebut, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim; 7 ).

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!