Pengetahuan Mengenai Somnambulisme

Pengetahuan Mengenai Somnambulisme – Gangguan tidur berjalan atau somnambulisme (sleepwalking) adalah suatu keadaan dimana seseorang bangun serta berjalan saat sedang tidur. Namun tak mesti berjalan saja, orang yang terbangun, kemudian duduk di tempat tidur serta melihat sekeliling kamarnya dalam keadaan tidak sepenuhnya bangun pun dianggap termasuk ke gejala kondisi ini.

Pengetahuan Mengenai Somnambulisme

Somnambulisme

Gangguan tidur berjalan biasa terjadi di kalangan anak anak, meskipun keadaan ini dapat saja dialami oleh segala umur. Diperkirakan 1 dari 5 orang setidaknya pernah sekali mengalami gangguan tidur berjalan saat masih anak anak.

Anak anak yang suka mengalami gangguan tidur berjalan biasanya tak akan mengalaminya lagi saat mereka memasuki usia pubertas, tetapi pada beberapa kecil kasus, kondisi tetap berlanjut sampai mereka dewasa. Gangguan tidur berjalan ini rata rata berlangsung sekitar 10 menit.

Kondisi ini terjadi saat tahapan tidur gelombang rendah, yaitu terhadap tahap terdalam dari fase pergerakan mata yang tak cepat (non-rapid eye movement – NREM). Disamping berjalan, orang yang mengalaminya dapat juga melakukan beragam kegiatan, seperti pergi ke dapur serta makan atau membuka pintu lemari dan berganti pakaian.

Pada kasus yang parah, penderita bahkan dapat membuka pintu rumah serta berjalan keluar atau mengendarai kendaraan. Bila kita berpapasan dengan orang yang mengalami gangguan tidur berjalan, biasanya dia cuma memandang lurus serta tampak seperti tak mengenali kita.

Matanya yang terbuka terkesan seperti terjaga padahal dia sebenarnya masih tertidur. bila disapa, biasanya penderita tidak merespons, meski ada beberapa yang dapat merespons dengan baik serta sebagian lagi akan merespons dengan jawaban meracau. Apabila kita bangunkan dengan paksa, biasanya penderita akan tampak kebingungan dan tidak ingat dengan aktivitas yang dilaluinya

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!