Orang Kidal Mudah Merasakan Takut

Orang Kidal Mudah Merasakan Takut – Orang yang lebih banyak melakukan kegiatan dengan tangan kiri atau kidal nyatanya lebih mudah dipengaruhi oleh rasa takut dibanding orang yang menggunakan tangan kanan. Perihal ini diungkapkan dalam hasil studi terbaru.

Orang Kidal Mudah Merasakan Takut

Orang Kidal

Psikolog menemukan jikalau orang kidal yang menonton film horor selama 8 menit akan menunjukkan gejala yang terkait dengan post traumatic syndrome (sindrom pasca trauma) dibandingkan dengan orang yang dominasi tangan kanan. Efek yang timbul tersebut sering terjadi terhadap orang yang mengalami post traumatic syndrome disorder. Saat ini para ilmuwan sudah percaya jikalau hasil yang didapatkan ini dapat menjadi wawasan baru mengenai bagaimana orang mengembangkan stres setelah truma dan cara otak menangani rasa takut.

“Prevalensi gangguan stres setelah trauma hampir dua kali lipat terjadi pada orang kidal dibanding dengan orang yang menggunakan tangan kanan,” ujar ketua penelitian Dr Carolyn Choudhary dari Queen Margaret University di Edinburgh, seperti dikutip dari Telegraph, Senin (2/4/2011).

Dr Choudhary menuturkan tampaknya setelah seseorang mengalami peristiwa menakutkan bahkan hanya di film, orang-orang yang kidal menunjukkan suatu perilaku seperti orang yang menderita gangguan stres setelah mengalami trauma ketika menonton film horor. “Hal ini berkaitan dengan cara otak membuat kenangan selama melihat sesuatu yang menakutkan. Pada orang kidal, sisi kanan otaknya lebih dominan yang terlibat dalam ketakutan, sehingga kemungkinan hubungannya berawal dari situ,” ujar Dr Choudhary.

Dr Choudhary menambahkan kedua sisi otak memiliki peran yang berbeda dalam memunculkan gangguan stres setelah trauma. Untuk itu diperlukan studi lebih lanjut dalam memahami apa yang sebenarnya terjadi di otak.
Hasil penelitian ini rencananya akan dipresentasikan dalam acara tahunan British Psychology Society.

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!