Cara Efektif Menyembuhkan Phobia Pada Anda

Cara Efektif Menyembuhkan Phobia Pada Anda – Phobia atau gangguan anxietas fobik merupakan rasa ketakutan yang berlebihan terhadap suatu hal atau fenomena. ketakutan yang terjadi bersifat irrasional atau tak masuk akal. Seseorang dengan phobia akan menganggap sesuatu yang menjadi sumber ketakutan (subjek phobia), contohnya gedung sebagai hal yang menakutkan, besar, menjijikkan atau mengancam. Inilah yang mengakibatkan seseorang yang menderita phobia mengalami ketakutan yang luar biasa pada subjek phobianya.

Cara Efektif Menyembuhkan Phobia Pada Anda

Menyembuhkan Phobia

Namun setiap orang mempunyai respon serta cara yang berbeda dalam mengelola rasa takutnya, termasuk mengatasi phobia yang di deritanya. Banyak orang yang justru merasa amat tertekan dengan perasaan phobia itu sendiri serta memilih diam ditempat tanpa melakukan usaha buat menyembuhkan. Sebagian lagi sudah berusaha menyembuhkan phobia yang di derita namun juga belum dapt berhasil buat menyembuhkan serta menghilangkan phobia itu. Bila Anda mencari cara yang paling efektif buat menyembuhkan fobia.

Berikut ini adalah 5 cara paling efektif menyembuhkan phobia :

  • Flooding – Flooding dilakukan dengan metode exposure treatment yang ekstrim, yakni penderita phobia yag takut terhadap anjing (cynophobia) contohnya, dimasukkan ke dalam ruangan dengan beberapa anjing jinak hingga dia tak ketakutan lagi atau sampai dia daapat menghilangkan phobia yang di deritanya.
  • Desentisisasi sistematis – Bila flooding dilakukan dengan exposure treatment yang ekstrim, berbeda halnya dengan desentisisasi sistematis. Desentisisasi sistematis dilakukan dengan exposure treatment yang lebih ringan. Metodenya, penderita phobia anjing (cynophobia) tak dimasukkan kedalam ruangan bersama anjing anjing jinak, melainkan melakukan rileksasi serta membayangkan berada di tempat yang amat indah bersama dengan anjing anjing lucu serta jinak. Metode ini walaupun bersifat ringan, namun juga sama efektifnya dengan flooding bila penderita phobia benar benar dapat melakukan desentisisasi sistematis dengan baik.
  • Abreaksi – Masih dengan contoh yang sama, cuma saja abreaksi dilakukan dengan metode penderita phobia anjing (cynophobia) dibiasakan buat melihat gambar atau film mengenai anjing, jika tahap ini berhasil, dilanjutkan dengan memperlihatkan objek yang sesungguhnya dari kejauhan serta makin mendekat secara perlahan. Jika tahap ini seudah terlewati, dilanjutkan dengan tahap memberi makan anjing serta memegang Anjing. Walaupun terlihat sulit dilakukan oleh penderitanya, namun metode ini terbukti efektif dapat membantu menyembuhkan phobia yang dialami seseorang.
  • Reframing – Refreming merupakan metode menyembuhkan phobia dengan membayangkan kembali menuju masa lalu dimana permulaannya si penderita mengalami phobia. Dengan metode ini penderita phobia akan menulusuri akibat phobianya serta menghilangkan penyebab tersebut.
  • Hypnotherapy – Hypnotherapy merupakan metode menyembuhkan phobia dengan memberikan sugesti sugesti positif buat menghilangkan phobia. Sugesti yang diberikan berisi mengenai sesuatu yang ditakuti itu menjadi sesuatu yang indah, sesuatu yang menarik, terasa menyenangkan, dsb. Hypnotherapy sudah terbukti efektif serta dapat menyembuhkan beragam jenis phobia.
loading...

You may also like...

error: Content is protected !!