Beragam Kumpulan Fakta Menarik Ka’bah

Beragam Kumpulan Fakta Menarik Ka’bah – Kita semua tahu Ka’bah merupakan bangunan yang paling suci bagi umat Muslim buat menjalankan ibadah haji yang berada di Kota Mekah, Arab Saudi. Namun, tahukah kamu jika Ka’bah ini mempunyai sebagian fakta menarik yang hingga saat ini juga mungkin kamu tidak pernah mengetahuinya.

Baca juga Manfaat Jumlah Ganjil Saat Memakan Buah Kurma

Beragam Kumpulan Fakta Menarik Ka’bah

Fakta Menarik Ka'bah

Karena Kabah ini menjadi tempat paling suci bagi umat Muslim sehingga dijadikan sebagai kiblat jutaan umat muslim buat menjalankan ibadah bahkan tidak dipungkiri pula ribuan orang banyak berlari mengelilingi buat bertawaf setiap harinya.

Cerita menarik yang terjadi pada Kabah ini dulunya sempat akan dihancurkan namun tetap saja bangunan yang berupa kubus ini masih tetap saja gagah. Ini juga menjadi salah satu fakta menarik seputar Kabah. Namun selain itu masih banyak fakta fakta menarik lainnya seputar Kabah yang tidak pernah kamu ketahui.

Berikut adalah Kumpualan Fakta Menarik Ka’bah :

Berkali kali Direkonstruksi
Kabah in pertama kali dibangun oleh Nabi Irahim serta Ismail. Namun, seiring berjalannya waktu, bentuk Kabah tak seperti awalnya akibat sejauh ini telah mengalami rekonstruksi yang dikerenakan mengalami kerusakan.

Sebelumnya Kabah ini juga pernah mengalami rekontruksi ketika pada zaman Nabi Muhammad terjadi peristiwa pertumpahan darah ketika masing masing suku ingin membawa Hajar Aswad buat dipasang di Kabah. Serta pada akhirnya Nabi Muhammad memutuskan batu hitam itu dibawa dengan menggunakan kain dan suku suku yang berebut itu dapat membawanya bersama sama.

Sampai sejauh ini tercatat jika renovasi terakhir terhadap Kabah terjadi pada tahun 1996 serta sangat menyeluruh, yang mengarah ke penggantian banyak batu serta kembali memperkuat pondasi dan atap baru.

Berwarna warni
Dulunya Kabah ini berdiri dengan banyak warna yakni warna hijau , merah serta putih. Namun sekarang Kabah berdiri hanya ditutupi kain sutera hitam dengan sulaman kaligrafi dari benang emas.

Pernah Memiliki Dua Pintu dan Satu Jendela
Salah satu fakta menarik Kabah ini dulunya mempunyai dua pintu serta satu jendela. Kegunaanya yakni pintu pertama buat masuk, serta yang lainnya buat keluar. Namun sekarang Kabah cuma punya satu pintu serta tanpa adanya jendela.

Plakat Raja
Fakta menarik lainnya juga bisa dilihat dari dinding Kabah yang mempunyai plakat yang berukir nama penguasa yang melakukan renovasi . Saat ini Ka’bah dilapisi dengan marmer serta kain hijau yang menutupi dinding bagian atas.

Kabah di Langit
Beberapa fakta mengatakan bila di langit juga terdapat sebuah Kabah. Di dalam Al Quran serta Hadis menyebut ada Baitul Makmur dilangit ini dijelaskan oleh beberapa ahli tafsir jika Baitul Makmur tersebut ialah Kabah untuk ‘penduduk’ langit.

Semula bukan Kubus
Kabah yang saat ini kita ketahui berupa Kubus ini nyatanya dulunya bukan berupa Kubus tetapi berbentuk persegi panjang atau balok. Akibat adanya renovasi, orang orang Quraisy kekurangan dana sehingga tak dapat selesai seperti bentuk aslinya. Dalam perihal ini Ka’bah pun dibangun lebih kecil dari bentuk aslinya, sehingga berbentuk kubus.

Sumber

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!