Tujuh Nama Neraka Yang Dijelaskan Al-Qur’an

Tujuh Nama Neraka Yang Dijelaskan Al-Qur’an – Dunia merupakan tempat persinggahan sementara yang harus dilalui oleh manusia sebelum dapat sampai ke kehidupan yang kekal yaitu alam akhirat. Di dunia manusia akan diuji dengan banyak permasalahan, serta ujian ujian ini, manusia akan dihitung amal perbuatannya buat kemudian ditentukan tempat kehidupan akhirnya di alam Akhirat nanti.

Tujuh Nama Neraka Yang Dijelaskan Al-Qur’an

Tujuh Nama Neraka

Manusia yang mempunyai timbangan amal perbuatan baik lebih besar akan mempunyai kehidupan akhirat yang baik yaitu di surga, sedangkan manusia yang mempunyai timbangan amal perbuatan buruk yang lebih besar akan mempunyai kehidupan akhirat yang sangat amat buruk yaitu di neraka.

Berbicara mengenai kehidupan di akhirat, Artikel ini akan membagikan sedikit informasi tentang 7 nama neraka yang ada di alam akhirat kelak. Apa sajakah nama neraka neraka tersebut serta seperti apakah isinya? Berikut adalah Tujuh Nama Neraka :

Neraka Hawiyah

Nama neraka yang pertama sekaligus yang paling ringan siksaannya ialah Neraka Hawiyah. Dalam Surah Al-Qariah dijelaskan bahwa : “Dan adapun orang orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya ialah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (Al-Qoriah : 8 – 11)”.

Neraka Jahim

Nama neraka yang ke dua ialah neraka Jahim. Menurut tafsiran para ahli tafsir, bahan baku yang digunakan Allah untuk menyiksa manusia yang ada di neraka Jahim ialah bebatuan. Penghuni neraka Jahim sendiri kabarnya ialah orang orang yang sesat dalam aktivitas peribadahan terhadap Allah SWT.

Neraka Saqar

Nama neraka yang ke tiga ialah neraka Saqarr. Penjelasan Neraka Saqar ada di salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya : “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka0? Mereka menjawab, “Kami dahulu tidak termasuk orang – orang yang mengerjakan sholat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang – orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan.” (QS. Al-Mudatsir : 42-46).

Neraka Ladza

Nama neraka yang ke empat ialah neraka Ladza. Hampir sama seperti neraka Hawiyah, Neraka Ladza juga dipenuhi dengan api yang bergejolak, yang panasnya dapat mengelupaskan kulit kepala manusia. Neraka ini akan dihuni oleh orang yang suka berpaling dari agama dan suka mengumpukan harta benda untuk disimpan.

Neraka Huthamah

Nama neraka yang ke lima ialah neraka Huthamah. Dalam Surah Al-Humazah ayat 5 – 7 yang artinya “Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati.”

Neraka Sa’ir

Nama neraka yang ke enam ialah Neraka Sa’ir. Penjelasan mengenai neraka Sa’ir ada di dalam Surah An-Nisa ayat 10 yang artinya : “Sesungguhnya orang – orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh pernutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala – nyala (neraka). (An-Nisa : 10).

Neraka Jahannam

Nama neraka yang ke tujuh ialah Neraka Jahannam. Penjelasan mengenai neraka Jahannam ada di dalam Surah Al-Hijr ayat 43 yang artinya “ Dan Sesungguhnya Jahannam itu benar – benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut – pengikut Syaitan) semuanya (Al-Hijr :43).

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!