Sembilan Nama Surga Yang Dijelaskan Al-Qur’an

Sembilan Nama Surga Yang Dijelaskan Al-Qur’an – Semua umat dimuka bumi ini berlomba lomba buat mendapatkan tiket masuk surga. Surga yang dibuat Allah SWT untuk kaumnya yang taat beribadah kepadaNya, Untuk Umatnya yang bertawakal cuma kepada Allah SWT.

Sembilan Nama Surga Yang Dijelaskan Al-Qur’an

Sembilan Nama Surga

Pengertian surga, yang artinya kebun yang didalamnya terdapat pohon serta kurma, Sebagian ulama bahasa mengatakan, “Tidaklah disebut jannah/surga dalam bahasa arab kecuali di dalamnya terdapat pohon kurma serta anggur.”
Sebagian yang lain mengatakan, disebut surga atau jannah karena lebatnya pohon yang ada di dalamnya serta ranting atau dahannya memberikan naungan buat yang berada di bawahnya.

Surga mempunyai 9 nama yang sudah tertera dalam Alquran, yakni :

Darussalam
Darussalam dikatakan surga karena merupakan tempat yang terbebas dari hal – hal yang kotor , hal – hal yang membahayakan dan hal yang tidak disukai.
Allah SWT berfirman dalam surat Al-An’am ayat 127, “Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal shalih yang selalu mereka kerjakan.”

Jannatul Khuld
Disebut demikian karena penduduk surga itu kekal berada di dalam surga. tidak berpindah ke lain tempat dan tidak mencari tempat selain surga.
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Furqan ayat 15, “Katakanlah (Muhammad), “Apakah (adzab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?,”

Jannatul Ma’wa
Yaitu di Sidrathul Muntha. Di dekatnya ada Surga tempat tinggal. Begitulah firman Allah SWT yang ditulis dalam surat An-Najm 14-15

Darul Muqamah
Terdapat pada firmah Allah SWT dalam surat Fathir 34:35, “Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu,”.

Jannatu ‘Adn
Allah SWT Berfirman, Dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. Ash-Shaff: 12)

Maq’adu Shidq
Allah Ta’ala berfirman,
“Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.” (QS. Al-Qamar: 54-55)

Qadama Shidq
dalam Surat Yunus: 2, Allah berfirman, Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang yang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Rabb kalian

Al-Maqamul Amin
Allah SWT berfirman,
“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam tempat yang aman.” (QS. Ad-Dukhan: 51)

Jannatun Na’im
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Luqman: 8)

Baca juga Tujuh Nama Neraka Yang Dijelaskan Al-Qur’an

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!