Fakta Misteri Jembatan Adam Di India

Fakta Misteri Jembatan Adam Di India  – Jembatan Nabi Adam (Adam’s Bridge) atau sering dikatakan Rama’s Bridge diperkirakan merupakan jembatan tertua di dunia. Jembatan ini membelah lautan, antara India serta Srilanka. Sebagian ahli berpendapat, jembatan ini ialah rantai batu kapur buatan. Namun, ada pula yang menganggap jembatan ini terbentuk karena fenomena alam.

Fakta Misteri Jembatan Adam Di India

Misteri Jembatan Adam Di India

Dalam kitab kuno Ramayana karya Walmiki, jembatan tersebut dikatakan Setubandanam. Laut yang memisahkan India serta Srilanka (Alengka) disebut Setusamudram. Ibn Khordadbeh dalam bukunya yang bertajuk Book of Roads and Kingdoms in 850 M, mengatakan jembatan ini sebagai karya sejarah abad 9.

Sampai sekarang, teka teki Jembatan Adam masih misteri. Dari banyaknya naskah serta peta kuno, jembatan ini mempunyai hubungan erat dengan kisah Ramayana yang diyakini oleh umat Hindu di India. Masyarakat di India serta Srilanka percaya jikalau jembatan misterius ini merupakan jembatan buatan.

Jembatan yang menghubungkan India serta Srilanka ini dibangun oleh Sri Rama buat menjemput Dewi Sinta yang diculik ke Alengka (Srilanka) oleh Rahwana.
Dalam kisah Ramayana dikatakan, buat membangun jembatan itu Rama dibantu oleh para dewa serta manusia kera atau vanara.

Nama Jembatan Adam pertama kali muncul pada peta bangsa Eropa karya kartografer Inggris pada tahun 1804. Nama Jembatan Adam erat hubungannya dengan ditemukannya jejak kaki raksasa di puncak gunung di Sri Lanka yang diyakini sebagai kaki Adam, manusia pertama di dunia.

Sesudah turun di dunia, Nabi Adam membuat jembatan menyeberangi lautan buat menuju India. Berdasarkan kisah tersebut, seorang pembuat peta bangsa Eropa mengubah nama Setubandanam menjadi Adam’s Bridge atau Jembatan Nabi Adam.

Menurut para ilmuwan, jembatan yang juga dinamakan Vanara Sena ini hanyalah gugusan pulau alami yang membentuk rantai. Mengapa? Pasalnya sesudah diteliti, pada masa lalu ketika gugusan pulau ini terbentuk, belum adanya jejak keberadaan manusia di sekitar India.
Menurut pakar arkeologi serta geologi, jembatan misterius ini merupakan fenomena alam yang berumur sekitar 3.500 tahun.

Baca juga Kampung Penganut Ilmu Hitam Di Lombok 

Namun, sebagian ahli di India masih meyakini kalau Jembatan Adam atau Jembatan Rama benar benar merupakan peninggalan peradaban masa lalu.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleha badan geologi di India, pada sisa sisa Jembatan Adam ditemukan 10 lubang bor buatan manusia. Selain itu, peneliti juga menemukan lapisan batu kapur, pasir, karang, serta batu sedalam enam meter. Perihal ini membuktikan, jikalau Jembatan Adam merupakan jalur jembatan yang dibikin dengan cara menguruk jalur laut. Persis layknya yang dikisahkan dalam kisah Ramayana.

Panjang jembatan ini mencapai 28 km. Saat laut pasang, jembatan ini cuma terlihat samar samar. Namun, saat laut sedang surut, Jembatan Adam cuma terkubur sedalam 1,2 meter, sehingga jembatan ini gampang sekali terlihat dari atas permukaan laut, layaknya membelah lautan.

Sumber

loading...

You may also like...

error: Content is protected !!