Khasiat Alami Tapak Darah Sebagai Herbal

Khasiat Alami Tapak Darah  – Tapak Darah ( Catharantus Roseus ) adalah sejenis tanaman semusim. Tapak darah ini dapat kita bedakan dari jenis bunganya, yakni warna putih, biru, merah, kuning dan lain lain.

Khasiat Alami Tapak Darah

Ciri-ciri dari tumbuhan tapak darah : mempunyai batang yang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas dan bercabang serta berambut. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tunggal. Bunganya yang indah menyerupai terompet dengan permukaan berbulu halus. Penyebaran tumbuhan ini melalui biji. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah daun, akar dan bunga.

Senyawa Kimia : Alkaloid ( vinkristin, vinblastin ).

Khasiat Alami Tapak Darah dan Cara Pemakaiannya :

  • Hipertensi ( Tekanan darah Tinggi ) : Sebanyak 15-20 gram daun tapak darah kering, 10 gram bunga krisan, direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan disaring, diminum tiap sore. atau dengan cara kedua 7 lembar daun atau bunga tapak darah, diseduh dengan 1 gelas air dan dibiarkan beberapa saat dan jangan lupa disaring, kemudian diminum ketika akan tidur.
  • Asma dan Bronkhitis : 1 potong bonggol akar tapak darah, direbus dengan 5 gelas air, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.
  • Demam : 1 genggam ( 12-20 gram ) daun tapak darah, 3 potong batang dan akar tapak darah, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas, diminum pagi dan sore dengan ditambah gula kelapa.
  • Kurang Darah : 4 putik bunga tapak darah putih, direndam dengan 1 gelas air, kemudian taruh di luar semalaman, diminum pagi hari dan dilakukan secara teratur.
  • Tangan gemetar : 4-7 lembar daun tapak darah, diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring, lalu diminum.
  • Luka Bakar : Beberapa daun tapak darah, 0,5 genggam beras, direndam dengan air, kemudian ditumbuk hingga halus, ditempelkan pada luka.
loading...

You may also like...

error: Content is protected !!